Sunday, July 29, 2012

Tiap Tahun Satu Juta Jiwa Meninggal Akibat Malaria

TRIBUNNEWS.COM, LAMPUNG - Penyebaran penyakit malaria masih menjadi masalah kesehatan global. Berdasarkan laporan dari lembaga kesehatan dunia (WHO), menyebutkan sekitar 200-300 juta orang mengalami penyakit tersebut dalam setiap tahunnya. Diperkirakan dalam setiap tahunnya 1 juta jiwa meninggal akibat malaria.
"Masih banyak negara di dunia yang masuk dalam wilayah indemisitas malaria. Termasuk Indonesia sendiri," ungkap Dr. Sadaila Raki-in, salah seorang peserta workshop Broadening Involment Team Training Workshop in Malaria Control (BITTWMC) yang berlangsung selama lima hari di Grand Elty Krakatoa Nirwana Resort kepada Tribun Lampung (Tribun Network), Minggu (24/6/2012).
Berbagai upaya, telah dilakukan oleh negara-negara yang menjadi daerah indemisitas malaria untuk dapat menekan angka penyebaran penyakit yang disebabkan oleh nyamuk anopheles. Salah satunya, melalui berbagai pelatihan penanggulangan bersama dengan melibatkan negara-negara lainnya yang juga menjadi daerah indemisitas.
Diharapkan melalui pelatihan bersama tersebut, Dr Sadaila berharap akan didapatkan formulasi penanggulangan yang lebih baik. Sebab berbagai negara tersebut dapat saling bertukar pikiran tentang cara penanggulangan penyebaran malaria di negaranya kepada negara lainnya.(ded)

No comments:

Post a Comment