Monday, July 30, 2012

Perangkap Nyamuk Sederhana di Rumah Kami


12903661541812597788
Nyamuk hasil tangkapan kami

Nyamuk merupakan makhluk kecil yang menjadi musuh besar manusia. Bila kita sampai dihinggapi dan kemudian darah kita di hisapnya, akan menimbulkan bercak merah yang disertai gatal.
Apa lagi kalau yang hinggap itu dalah nyamuk jenis Aedes Aegypti, sejenis nyamuk yang menularkan penyakit demam berdarah, yang bila terlambat di ketahui atau ditangani, bisa mengakibatkan kematian.
Atau satu lagi nyamuk Anopheles, yang lebih dikenal sebagai nyamuk malaria yang lebih dahsyat lagi, karena di kenal sebagai nyamuk pembunuh nomor satu didunia.
Untuk menghindarkan diri dari gigitan nyamuk-nyamuk tersebut, banyak hal yang dapat kita lakukan, diantaranya; dengan menyemprotkan obat nyamuk (yang sebenarnya racun bukan obat) cair, atau obat nyamuk cair didalam tabung yang diberi tekanan gas dan obat nyamuk bakar.

Keuntungan dan kerugiannya masing-masing adalah, bila kita memakai racun nyamuk cair yang disemprotkan nyamuk yang kena akan langsung mati, tapi kita harus melakukannya dengan hati-hati. Pertama, jauhkan dari anak-anak dengan mengungsikannya lebih dulu keruangan lain. Kedua, memasukkan makanan yang berada di tempat terbuka ke lemari makanan dan menutup semua tempat penyimpanan makanan.
Kerugiannya adalah bau yang menyengat, walau saat ini khusus untuk racun nyamuk yang berada di dalam kaleng bertekanan gas sudah tambahkan zat pewangi, namun harus diingat bahwa itu adalah tetap racun, yang bila terhisap tetap akan dapat menimbulkan gangguan pada kita, setidaknya pada saluran pernafasan.
Obat nyamuk bakar, sebenarnya tidak begitu efektif sebagai obat nyamuk, karena asapnya akan berhembus kemana angin bertiup, kecuali pada ruangan kecil yang tertutup rapat. Tapi resikonya kita juga akan bisa sesak nafas karena asap yang merubungi kita.
Satu lagi pembunuh nyamuk yang cukup efektif adalah raket nyamuk, yang membunuh nyamuk dengan kejutan listrik tegangan tinggi yang mengalir di sekitar anyaman kawat raket.
Cara lain menghindarkan diri kita dari gigitan nyamuk adalah dengan mengoleskan lotion anti nyamuk. Dalam hal ini, kita tidak membunuh nyamuk, tapi membentengi diri dari serangan nyamuk dengan bahan dan bau yang tidak disukai oleh nyamuk.
Sebuah pembunuh nyamuk sederhana dan berbiaya murah sebenarnya dapat kita pakai di rumah, sebagaimana yang kami pakai sehari-hari.
Alatnya yaitu bisa terbuat dari piring plastik, atau aluminium dan minyak sayur. Kami sendiri dirumah memakai tatakan cetakan kue bolu dari aluminium yang lebih lebar dari piring dan permukaannya cukup datar.
Cara membuat adalah, minyak sayur di oleskan pada permukaan piring secara merata. Jangan terlalu banyak karena nanti minyak ini bisa meleleh atau ketika dipakai minyaknya akan muncrat kemana-mana.
Cara pakainya adalah: carilah kain hitam, apakah itu celana, kemeja atau kaos yang sudah usang, kalau tidak ada yang usang yang baru juga tidak apa-apa, karena fungsi kain ini hanyalah sebagai pemancing untuk berkumpulnya nyamuk. Letakkan kain ini di tengah ruangan, jangan di pinggir yang sempit, karena akan merepotkan disaat kita menangkap nyamuknya.
Setelah kita melihat nyamuk-nyamuk beterbangan diatas kain hitam, ambillah piring atau alat yang sudah di olesi minyak sayur tadi. Dengan gerak cepat ayunkanlah piring di atas kain dengan permukaan yang diolesi minyak di sebelah depan. Gerak ayunan ini dapat Anda lakukan seperti Anda sedang menyendok nyamuk itu dari atas kain, atau dengan gaya menampar dengan gerakan dari arah kanan ke kiri. Setelah piring di ayunkan, cobalah lihat di permukaan yang berminyak. Anda akan melihat nyamuk-nyamuk itu akan terperangkap dan menempel di piring tidak bisa lagi terbang, karena sudah lengket ke minyak sayur yang berada dipiring. Kecepatan Anda mengayunkan piring menangkap nyamuk yang berterbangan diatas kain, menentukan banyak sedikitnya nyamuk yang akan tertangkap….
Selamat mencoba dengan peralatan murah meriah dan ramah lingkungan ini…

No comments:

Post a Comment