Sunday, July 29, 2012

Cinere berburu jentik nyamuk

CINERE, MONDE : Guna mengantisipasi perkembangan wabah Chikungunya dan Demam Berdarah Dengue (DBD) yang menyerang wilayah Kelurahan Grogol dalam kurun waktu sebulan terakhir, seluruh stake holder di wilayah kecamatan Cinere baru-baru ini menggelar aksi berburu jentik serentak di seluruh wilayah kelurahan se-kecamatan Cinere.

Camat Cinere Ahmad Syarifudin mengatakan, pihaknya sangat mengkhawatirkan penyebaran wabah tersebut merambah wilayahnya. Terlebih, kini wabah Chikungunya sudah menyebar hingga wilayah Sawangan.
“Kegiatan berburu jentik nyamuk ini sebagai salah satu upaya pencegahan. Alhamdulillah himbauan kami direspon positif oleh warga,” kata Syarifudin.
Ungkapan senada juga diungkapkan oleh kepala Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Puskesmas Cinere dr. Devi Maryori. Menurut dia, setelah dilakukan kegiatan berburu jentik dalam Program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di seluruh wilayah kecamatan kelurahan se-Kecamatan Cinere memang ditemukan sejumlah jentik.
Tapi, persentasenya masih dikategorikan normal dan tidak melebihi ambang batas. “Memang ditemukan jentik, namun secara keseluruhan persentasenya sangat kecil dan tidak terlalu mengkhawatirkan,” tutur Devi.
Meski begitu Devi tetap mengimbau kepada seluruh warga kecamatan Cinere agar tetap mewaspadai merebaknya wabah Chikungunya dan DBD. Utamanya karena faktor cuaca yang tidak menentu seperti saat ini.
Kondisi cuaca seperti saat ini sangat mendukung perkembangan proses metabolisme jentik menjadi nyamuk. Dalam kesempatan itu Devi meminta kepada sejumlah kader posyandu di wilayah kecamatan Cinere untuk lebih giat lagi menyosialisasikan program Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada seluruh warga. (ast)
http://www.monitordepok.co.id/read/depok-raya/cinere/3281-cinere-berburu-jentik-nyamuk.html#.UA4A_5GyOuI

No comments:

Post a Comment